Tuesday 12 January 2016

SETTING KARBU PE 28 SECARA MANDIRI (Komen Sudah Penuh, Kalau Saya Jawab Gak Bisa Muncul/Terbaca)




STEP 1
o   Posisikan Motor pada standard tengah

o   Hidupkan mesin, tahan gas diputaran mesin 2500 s/d 3500 RPM

o   Kencangkan setelan udara searah jarum jam menggunakan obeng min sampai mentok, obeng jangan dilepas tetap berada diposisi tersebut.

o   Secara otomatis RPM akan turun, pertahankan bukaan gas agar mesin tetap hidup

o   Putar setelan udara dengan obeng min kearah kiri sambil menghitung jumlah putarannya.

o   Sambil mendengar putaran mesin mulai meninggi, diputaran keberapakah mesin naik meraung perhatikan baik-baik putarannya sambil mendengar suara mesin.

o   Ketika raungan mesin tertinggi putaran obeng min tadi pada setelan udara karbu  dihentikan. (apabila lebih dari 1,5 putaran berarti ukuran pilot jet kebesaran, kurang dari 1 putaran berarti pilot jet kekecilan).

o   Berapa putaran setelan udara kearah kiri yang dihitung untuk mendeteksi apakah pilot jet sudah sesuai atau belum.

o   Kalau pilot jet sudah sesuai, mesin akan meraung pada putaran obeng di 1 s/d 1,5 putaran kekiri.

o   Apabila dibawah 1 putaran kekiri mesin sudah meraung tinggi berarti pilot jet kekecilan, ganti ukran pilot jet satu step lebih besar dari yang terpasang dikarbu.

o   Apabila diatas 1,5 putaran baru mesin mulai meraung berarti pilot jet kebesaran, turunkan ukuran pilot jet satu step lebih kecil dari yang terpasang dikarbu.

o   Begitu seterusnya sampai mendapatkan setelan udara karbu berada di 1 s/d 1,5 putaran kearah kiri dari posisi tertutup.

o   Setelah sukses mendapatkan setelan udara yang pas, mesin dibiarkan tetap hidup.

o   Setel idle/langsam pada RPM 1000-1500 (setelan idle yang berwarna kuning pada karbu PE28)

o   Selongsong gas jangan dipegang biar setelan idle/langsam yang mengambil peran.

o   Balik lagi ke sekrup setelan udara dengan oben min tadi, putar hanya sedikit sekali kekiri dan kekanan, dengar baik-baik suara mesin, cari suara idle/langsam mesin yang paling enak atau paling tinggi.

o   Balik ke setelan idle yang berwarna kuning, sesuaikan RPM idle/langsam dengan selera anda, mau 1000 atau 1500 RPM terserah anda.

o   Selesai sudah acara seting menyeting pilot jet dan setel udara karbu PE28 anda.

Step 2

o   Posisikan kembali motor distandard tengah.

o   Hidupkan mesin, putar selongsong gas di putaran 6000  s/d 9000 RPM caranya seperti memainkan gas berulang-ulang. (bisa lebih dari 9000 RPM tapi akan merusak mesin dan mengganggu tetangga yang sedang tidur).

o   Tahap ini sangat membutuhkan feeling.

o   Dicari mana RPM mesin yang paling cepat naik ketika gas dimainkan direntang 6000 s/d 9000 RPM itulah mainjet yang sesuai.

o   Ciri-ciri mainjet kebesaran ada sedikit ngebul diknalpot, turunkan ukuran mainjet 1 step lebih rendah.
o   Untuk satria FU standard tanpa ubahan apapun mulailah dari mainjet ukuran 110 atau 115.

o   Untuk setting main jet memang sedikit lebih  sulit dibanding setting pilot jet karbu, namun apabila sering diulang makin lama makin makin mudah dikerjakan dan yang pasti akan mahir dalam urusan setting karbu PE28.

Gambar berikut adalah kinerja karbu sesuai posisi bukaan selongsong gas. 

437 comments:

  1. Mas saya punya klx 150L mesin standart tapi sudah cdi brt, koil yz125, busi iridium dan karbu pakai pe 28.
    Saya skrg pakai pj 40 mj 120 open busa filter tapi masih brebet di bawah settingan udara di 1.5.

    Jarum skep pakai gl pro posisi clip nomor 2 dari bawah.

    Kira2 pj mj yang cocok itu berapa ya mas?

    ReplyDelete
  2. Dgn ukuran pj mj yg skarang warna busi hasil pembakaran gmana mas? Trus knalpot standar apa racing? Harus tau itu dulu baru bs nyari kombinasi pj mj yg pas

    ReplyDelete
  3. Satu putarannya berapa derajat mas, buat rx king PJ MJ pake ukuran berapa ya? ,karbu PE, open filter, knalpot bobokan, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu putaran 360 derajat dan pj yg pas mesin akan meraung di antara 1 putaran samapai dgn 1,5 putaran. Pj mj pe 28 di mesin 2tak biasanya dpt ukuran 45 - 50 mj 140 h 150

      Delete
  4. Mas mau tanya motorku gl pro mesin standart cuma ganti seher tigern pake karbu pe 28. Pj 108 dan mj 38 tp masih kurang enak di buat gas panjanh mas. Itu gimana mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mj coba ganti mulai dari 110, 115, 118 atau 120

      Delete
  5. Mas, FU 2007-piston gedean dikit dr standart-klep CBR-karbu PE28(pj52-mj122)open filter-knalpot standart bobokan-cdi BRT --- atas masih mbrecet - bawah ritme tendangan knalpot putus2 - gmn baiknya ya? Matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piston cbr 150 atau 250 mas? Kalo cbr 150 kayaknya kegedean mas pj mya, coba pake pj 42 atau 45 trus mj 120 bs jg mj 122 cm yg pasti pj kegedean kalo 52.

      Delete
  6. Mas pe 28 fu buat spek piston 65.5 + stroke up 3mm porting
    Skaranh masih pake 38/118 . Serasa motor tercekik skali tp jalan normal tidak berebet maupun ngempos cuman berasa kering bgt . Dan bensin kenapa ya jadi 1/10km boros skali kaya mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setingan kabu gak pas bs bikin boros krn jd lbh dalam ngegasnya, dgn spek mesin segitu coba pj 42 mj 12o atau 122 mas

      Delete
  7. Satria fu atandar knalpot rasing pe 28 spuyer uk 40 115 bawahnya brebet dulu baru ngacir om atas sih enak. Stelan angin 2 puteran kalo satu puteran nambah parah brebetnya di put bawah. Itu apanya ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake knalpot racing pj 42 mas, trus setelan angin kalo pj pas ukurannya dapat 1 sampai 1,5 putaran mas. Bs jd pj 40 sdh pas hanya nyetel anginnya yg kurang pas.

      Delete
    2. Ini masih pakek pj 40 om cuman stelan angin 1 puteran lebih dikit itu di ambil setelah suara mbrebet ketikan angin2 di pentokin terus brebetnya agak kurang om tapi masih kerasa rencana mau ganti ke pj 42 om mau di coba dulu

      Delete
  8. Mas, satria fu 2007 ganti karbu PE28 pj/mj nya dapet d kisaran berpa mas? Udah d porting,piston 64. Filter karbu variasi koso.. knalpot standart,cdi brt power max dual band. Busi ngk platinum g
    power mas

    Thankz mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya mencari ukuran pj mj dikarbu tdk bs langsung dipatok ukuran sekian2 yg pas, tp hrs berdasarkan coba2. Hanya kalo dimotor 4tak 150 CC aplikasi karbu PE 28 ukuran pj yg idapat disekitar 38-45 dan mj 110-122. Dgn spek seperti itu tru knalpot racing coba mulai dari pj 42 trus mj 118 atau 120

      Delete
  9. Fu Ane Bang Standart Cuma Knalpot Racing karbu Pe 28, Pj 38 MJ 115 Brebet di tengahnya, Bantuannya Mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pengalaman ane om brebet di kisaran 8rb rpm itu karna mj kegedean om tapi bisa di akali pakek pj yang di gedein trus stel ulang angin2 pengalaman ane om itu kemarin tapi punya anek malah brebet di bawah 4rb rpm

      Delete
    2. Kalo tengah masalahnya brarti jarum skep, hanya kan pe 28 ori gak ada setelan klip jarumnya, jd coba naikan pj jd 40 mas

      Delete
  10. mas satria ane pakai pe 28, leher knalpot gede, sama silincernya ane buang sketnya tinggal 1 sket, pj yang pas berapa ya ? ane pakai pj 42, kebesaran gk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mj nya berapa? Cek warna busi hasil pembakaran, kalo merah bata brarti pas. Kalo putih brarti kering, kalo hitam kegedean

      Delete
  11. mas wawan motor saya tirev 2008, mesin ori. hanya ganti karbu PE28 sama knalpot standar bobokan. pj mj yg pas pake brp ya mas. skrng saya pakai pj mj nya 40 125. di stel angin nya di putaran setengan mesin sudah meraung. mohon.pencerahan nya mas wawan. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake pj bawaan karbu tiger mas, biasanua tiger pake pe 28 dptnya pj 42 mj 120 atau 122

      Delete
  12. pj mj bawaan tirev 40 122 mas wawan.. saran mas wawan saya pake pj mj bawaan tiger nya 40 122 atau 42 120-122 mas wawan. makasih mas wawan. karbu saya open filter juga soal nya mas wawan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok siip, pd dasarnya utk mendapatkan pj mj yg pas hrs berdasarkan coba2 mas, namun kalo nyari ukuran pj yg pas bs terdeteksi dari setelan angin karbu. Dapatnya 1 s/d 1,5 putaran membuka dari kondisi tertutup. Apavila mesin meraung sebelum 1 putaran membuka brarti PJ kekecilan, kalo lebih dari 1,5 putaran mwmbuka baru mesin meraung brarti PJ kebesaran.

      Delete
  13. Om klo beat 130cc pake karbu pe 28, knalpot orsinil bobokan. Pilot sama mainjet nya pake ukuran brapa ya kiRa2 yg pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya nyari pj mj yg pas itu hrs dicoba2, gak bs lsg ditentukan ukuran sekian2 yg pas. Hanya kalo mesin 4tak 130 cc kemungkinan ukuran pj mj ada dikisaran 38 105 sampai 42 118

      Delete
  14. om mau tanya..kalau byson pakai pe 28 pj mj standard bawaan,knalpot freeflow tpi rpm rendah langsung brebet sama tanjakan ilang tenaganya..penyebabnya apa ya..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya pake pj mj standar pe 28 atau byson mas, kalo pj mj pe28 yg dipake jelas kebesaran mas utk byson, coba pj 38 mj 110

      Delete
  15. mas klo mtor sya supra x 125 dh bore up 135cc ganti pke karbu PE28 kok stelan udara diputar kekiri,mesin meraung tinggi.apa masalah karburatornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilot jet dan mainjet pake ukuran berapa, dan lubang oli samping dibodi karbu sudah ditutup apa belum? Saat diputar kekiri setelan anginnya. Apa dlm kondisi stationer ataup grip gas dibuka sedikit?

      Delete
    2. Dah coba pj35 mj105dan110,yg pas ukura brpa? .lubangnya di mana?

      Delete
  16. Om, ninja saya pake pe28 main jet120, pilot jet 40. Rpm tengah ke ats lama naiknya, apalagi kondisi jalan nanjak, rpm cuma mentok di 6-7ribu, pas cek busi, warna hitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ninja 2tak ya mas, kalo ninja 2tak pj 50 mj 150 atau naik turun 1 step ukurannya mas.

      Delete
    2. Setelan angin 1-1,5 putaran dapat pasnya jika ukuran PJ sudah pas

      Delete
    3. Mas, kalo mj pj kekecilan bisa jadi penyebab busi mati nga, soalnya kalo motor di panasin terus di geber sampe rpm atas, busi langsung mati. Hampir tiap minggu kejadian gitu terus

      Delete
    4. Waktu dibuka businya warna apa, biasanya busi mati krn pj mj kegedean ukurannya. Jdnya busi basah dan cepat mati. Makanya coba cek warna busi, agar bs tau hasil pembakaran

      Delete
    5. Busi warna hitam mas, trus gmna mas, sdngkan katanya ninja Idealnya pake pj mj 150 50, saya pake 120 40.

      Delete
    6. Pake 40 120 busi hitam ya mas? Kebanyakan oli samping gak ya? Coba ikht ukuran pj mj karbu standard ninja

      Delete
  17. Mas wawan. Satria fu pake piston tiger os25 knlpot racing. Pake karbu PE 28 pj mj setandarnya. stelan angin udah pas 1.5 putaran. Tp motor rasanya kering banget ga ada brebet"nya.. kira" pj mj yang pas berapa ya mas? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang yg terpasang pj mj ukuran berapa, kalo terasa kering bgt, naik satu ukuran

      Delete
  18. Mas wawan. Satria fu pake piston tiger os25 knlpot racing. Pake karbu PE 28 pj mj setandarnya. stelan angin udah pas 1.5 putaran. Tp motor rasanya kering banget ga ada brebet"nya.. kira" pj mj yang pas berapa ya mas? Suwun

    ReplyDelete
  19. PJ MJ standar yg dimaksud ukuran berapa ya mas, biar ada patokan naik berapa step lg. Setau saya pj mj standard bawaan karbu PE 28 besar2 krn utk motor 2tak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj nya kurang jelas om cuma kliatan angka 5. Kira" seukuran pj karbu setandar fu om kalo mjnya 110 om. Kadang nyalain nya minta di kop dulu.
      Kalo yang pas kira" ukuran berapa ya om? Sama jarum skep nya di ganti apa nggak? Soalnya ni jarum skep paten om.
      Suwun

      Delete
    2. 12,5 mungkin bawaan karbu fu, tp setau saya gak masuk di PE28, model pj beda. Sulit nyalain krn PJ kekecilan, coba kombinasi PJ 40 MJ 110,115 atau 118 mas

      Delete
  20. Motor ane cb100 dlmn msn sdh tiger knalpot make pny tiger? Brp mj pj yg sesuai dgn memakai pe28

    ReplyDelete
  21. Mas, mohon bantuannya. Kalo minerva 150 new vx, karbu pe28, open air filter, lain2 standar trmsuk knalpot semi freeflow. Bagusnya make pj ama mj berapaan ya? Sama katanya jarum skep kudu ganti agak gendutan sama megapr* ya? Sekarang putaran bawah brebet dan kurang langsam. Mohon wejengannya ya mas bro. Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kombinasi pj mj 40 110, 40 115 atau 40 118

      Delete
  22. mas wawan.. motor ane cbr... coil yz.cdi brt.karbu pe 28 ori. udah gnti ukuran pj mj jadi 42/120 tapi kok d putaran atas tenaga kya trtahan n nafasnya panjang bngt ya?? kurang apa boss? apa mjet.a kurang gede?.. knalpot standar open filter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka busi kalo warnanya apa mas, coba jg kombinasi pj mj 42 118, 42 115 atau 40 115 dan 40 118

      Delete
  23. mas wawan.. motor ane cbr... coil yz.cdi brt.karbu pe 28 ori. udah gnti ukuran pj mj jadi 42/120 tapi kok d putaran atas tenaga kya trtahan n nafasnya panjang bngt ya?? kurang apa boss? apa mjet.a kurang gede?.. knalpot standar open filter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo buka busi warnanya apa mas, trus setelan angin dpt berapa putaran mas? Coba turunin mj jd 118 mas, coba juga kombinasi pj mj 40 118 mas krn knalpot standard

      Delete
  24. Om mau nanya saya pakai scorpio debgan kelistrikan dc#motor adventure , saya pakai mj 120 dan pj 42,kalau awal di hidupin selalu seperti kekurangan bbm(gak langsam)brebet dan mati , kira" saya pakai ukuran apa yaa yg cocok tuk pj dan mj nya karna pernah pakai mj 125 malah ga bertenaga makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpotnya pake standard apa racing, trus open filter apa bukan, setelan angin karbu dapat berapa putaran membuka kekiri dari posisi tertutup? Harusnya scorpio PJ 42 sdh pas malah agak kebesaran biasanya pj 38 atau 40 trus mj 115 atau 118 dalam kondisi knalpot standard.

      Delete
    2. Knalpot standart tapi sudah dibobok om,kurang lebih 2 -2,5 putaran kadang br bisa om,kendalanya di awal start saja om, tapi klo sudah jalan sih ga terasa kendalanya#saat posisi mesin dingin

      Delete
    3. Pj yg terpasang sekarang berapa ukurannya, kalo ukuran pj udah pas, dapat setelan anginnya 1 sampai 1,5 putaran

      Delete
  25. mas bro motor saya dtracker pake karbu pe 28 kw , untuk pj mj nya pake ukuran berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake knalpot standar apa racing mas, open filter apa pake box filter udara. Coba pj mj 38 110, 38 115 kalo knalpot standard, trus pj mj 40 115, 40 118, 40 120 kalo pake knalpot racing tp box filter terpasang. Voba jg pake pj mj 42 118 atau 42 120 kalo pake knalpot racin dan open filter

      Delete
    2. Terima kasih mas sangat membantu , cuma kendala pada penyetingan nya mas aga susah , soalnya kw2

      Delete
    3. Pake knalpot standar apa racing mas, open filter apa pake box filter udara. Coba pj mj 38 110, 38 115 kalo knalpot standard, trus pj mj 40 115, 40 118, 40 120 kalo pake knalpot racing tp box filter terpasang. Voba jg pake pj mj 42 118 atau 42 120 kalo pake knalpot racin dan open filter

      Delete
    4. Mas firman, kadang walopun KW2 bs ketemu settingan yg pas hanya butuh waktu dan coba2 berbagai macam ukuran pj mj serta jarum skep

      Delete
  26. Mas klx 150 saya mesin standar knalpot racing filter copot cuman pake boknya, pake karbu pe 28 pj42 mj120 ko klo di gas mndadak ada ngepos nya. Tolong minta solusi yang tepat harus gimana ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake pj 40 mj 115 mas, coz mesin masi standard

      Delete
  27. Mas saya pake pe 28 di satria fu , jarum skep nya pake punya gl pro , ukuran pj 38 mj nya 110 , tpi ko tarikan dari tengah ke atas nya brebet ya .. yg pas nya pake pj sama mj ukuran brpa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake lagi jarum skep bawaan PE 28 nya mas, trus knalpot pake standard apa racing mas, open filter atau pake box filter?

      Delete
    2. Jarum bawaannya patah mas, jadi saya pake gl pro yg ada nya ..
      Knalpot pake standar pipa gede doang 50mm
      Open pilter mas

      Delete
  28. Mas klo buat jupiter Z make karbu pe setingan gmna mas sher udah 66 an mas tolong babtuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya setting karbu itu utk memdapatkan pj mj yg las harus coba2 mas. Tp mungkin bs coba dulu pj 38 atau 40 trus mj 110 atau 115. Nanti bs ketahuan minta naik apa turun mas.

      Delete
  29. Mau tanya mas.motor glpro newtech oversize 100.noken as kawahara karbu pakai pe28.knalpot sudah dibobok ukuran spuyer pj dan mj berapa yg pas.trimakasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pj ukuran 42, 45, 48 truas mj 120, 122 mas

      Delete
  30. Mas setting karbu 28 buat jupiter z klep cs1 seher cs1 mj dan pj nya brapa jurum skep udah ganti gl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mulai dari pj 38 sampai 42 trus mj 110 sampai 118. Harus nyoba2 mas biar dpt ukuran yg pas kalo mesin udah modif

      Delete
  31. mas kalo satria fu pake karbu pe enak nya mj pj pake ukuran brapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mesin standard sama knalpot standard kombinasi pj mj 38 110, 38 115 atau 40 110, 38 110

      Delete
  32. Boleh minta kontaknya mas wawan gobel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sih mas, cm dikantor saya gak bs pegang hp saat jam kerja, jd lbh cepat malah lewat blog mas, krn bs saya bales pas jam kantor mas.

      Delete
  33. Mas.. Honda cs1 mesin standar. Knalpot supra x bobok. Gak pake filteran. karbu pe 28 pj 42 mj 115. Setelan angin buka setengah udah meraung trus busi hitam dan suara knalpot kadang nembak klo lepas gas.. Masalahnya apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu setelan angin yg pas saat meraung tertinggi mas, coba setel lg tp dgn CC cs1 saya rasa pj nya 38 atau 40 mas yg pas, trus mj 108 atau 110

      Delete
    2. Selang vakum di intake manifold sama disilinder head udah ditutup apa blum mas.

      Delete
    3. Mas Wan.. Saya udah coba kombinasi 40/110. Dpat setelan 1 putaran. Tp pas dibawa jln tarikan bawah ngempos mas. Beda waktu pake PJ/MJ sbelumnya 42/115, tarikan bawah enak. Diliat dari warna busi dgn PJ/MJ yang dipake skrg dan sebelumnya pun ttap hitam. Itu krn kurang suplay bensin ya mas? Komponen yg nentuin tarikan bawah ngempos itu PJ atau MJ nya mas? Trus yg nentuin warna businya jg mas..

      Delete
    4. Sayangnya gak ada pj ukuran 41 ya mas, pake saja pj 42 mas biar tarikan bawahnya mantap lg mas, trus mj coba 110 dgn 115 mana yg lbh bgs tarikan atasnya. Yg menentukan warna busi setelan karbu, pengapian jg (CDI) mas termasuk pj mj. Kalo hitam gt basah pembakarannya mas. Yg pas itu warna merah bata. Btw itu open filter kan mas.

      Delete
  34. Mas Wawan, mohon saran, kalau untuk royal enfield 350 cc, pakai PE PJ dan MJ pas nya kira kira brp ya ? karbu bawaaan nya vakum dan venturi nya 28, matur suwun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo karbu bawaan yg vakum itu pj mj nya berapa mas, pada dasarnya nyari ukuran pj yg pas itu bs didetwksi dari setelan angin, kalo setelan angin dpt di 1 s/d 1,5 putaran membuka itulah ukuran pj yg pas mas. Trus kalo mj butuh feelinv saat geber diputaran atas, kalo putaran atas lama naiknya brarti mj kebesaran, kalo mesin cepat naik tp tenaga seperti tertahan brart mj kekecilan. Saran saya kalo karbu PE 28 nya ori, coba dulunpj mj bawaan pe 28, kan besar tuh ukurannya. Nantindari situ ketahuan mau naik apa turun ikuran pj mj. Dgn mesin 350 CC pasti pj diatas 48 trus mj 130 ke atas mas sepertinya. Coba dulu bawaan pe 28, nanti dikabarin gmana hasilnya mas.

      Delete
  35. mas wawan.. motor saya cbr... pake karbu pe.. pj 42 mj 122... tarikan atass ok tapi tarikan bawah brebet mas.. udh prnh pake pj 40. sama aja.. kira" pj.a d gedein lgi apa d kecilin ya? biar gak brebet?.. knalpot standar.... saranyya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dgn pj 42 atau 40 setelan udara dpt berapa putaran mas, itu knalpot standard apa racing? Trus mj coba 118 atau 120 mas. Kalo mesin standard dgn knalpot stndard sepertunya kebesaran kalo kombinasi 42 122 mas. Tp coba dulu settelan angin dicari lagi yg pas mas

      Delete
  36. Mas wawan saya mau nanya
    Saya baru ngangkat motor ninja 2 tak
    Karbu PE 28
    Kok tarikan awalnya ngorok bgt ya mas ?
    Mesin standar cuma maen CDI ZX dan knalpot WRC
    Untuk MJ dan PJ yg pas pake ukuran brapa ya mas ?
    Dan supaya tidak ngorok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj mj yg terpasang sekarang berapa mas ukurannya, trus setelanudara dpt berapa putaran? Coba duluvturunin pj mj 1 ukuran lbh kecil.pake box filter udara atau gak mas?

      Delete
  37. Mas wawan, utk gl pro neotech mesin standard klep tiger,. Knalpot std tirev repro, ukuran pj mj pe28 enaknya pake ukuran berapa ya?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pj 42 mj 120 atau 122 mas

      Delete
    2. Untuk skepnya pakai bawaan pe28 atau make punya gl pro ya mas?

      Delete
    3. Saya pribadi lbh senang bawaan PE 28 mas.

      Delete
  38. Mas motor sy gl pro newtec mesin up 9mm noken cam,supaya busi bisa merah bata pakai mj pj brp? Yg sekarang pakai 40,122

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dgn pj mj yg sekarang warna busi apa mas,setelan udara dpt berapa putaran mas, kalo hitam coba mj turun 120 kalo putih coba pj 42 mas setelan udara dgn pj yg pas dptnya 1 sampai 1,5 putaran mas.

      Delete
  39. om mau tanya, motor satria fu mesin std, knalpot std cuma pake pe 28 pake nozzle pwk 30 lubang. skrng pake pj 38 mj 115.
    masalahnya:
    1. tarikan bwh ga mau di gas spontan harus di urut baru bs normal
    2. ga bs langsam pas idle rpm suka drop tiba2 terus mati, klo langsam dibesarin gas suka nyantol di rpm 2000, di gas sedikit baru mau normal tp idlenya tetep sama drop mesin lgs mati
    solusinya gmn ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan udara coba dikoreksi mas, antara 1 sampai 1,5 putaran, cek dgn pj mj sekarang warna busi hasil pembakaran kalo putih atau hitam, yg pas merah bata. Kalo atau pj naik pake 40 mas.

      Delete
    2. cara baca busi itu gmn om? businya lingkaran drat hitam tp kramik yg di tengah coklat. penyakitnya dr awal ganti karbu pake pe om. mohon bantuannya

      Delete
    3. Warna busi kalo putih pembakaran kering, kalo hitam basah, yg pas Warna busi kalo coklat brarti sudah pas mas. Tp buat koreksi gejala kosong ketka digas mendadak diputaran bawah, cob pj 40 setelan udara 1,5 putaran atau kurang dikit. Trus coba mj 110 atau 112 bawaan karbu standard satria fu

      Delete
  40. Update om, skrng pj 35 mj pwk 108, jarum pake gl pro clip di no 3. Putaran angin 1.5 rpm Tgh atas bagus.
    Skrng ada kendala di rpm bawah klo digas agak dlm blekbek suaranya, mohon bantuan om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. blebek itu seperti bensin telat ya mas, coba pake pj 40 trus setelan udara dikoreksi lagi mas

      Delete
  41. mas mtor saya suprafit 2004 piston 54 mm, deksel udh d porting,klep standar knalpot free flow, camshaft standar
    klo pake PE 28 brp pj mj yg cocok mas
    mohon saran

    ReplyDelete
  42. klw KLX Bore Up 63,5 setting pj mj'nya brp mas klw karbu PE28?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk mesin yg sudah diboreup setting pj mj yg pas ketika menggunakan karbu PE 28 pd dasarnya harus di coba2 mas, tp perkiraan saya pj ada disekitar 38-42 trus mj sekitar 110-118, kalo pake knalpot racing mungkin disekitar 42 120 mas kombinasi pj mj nya.

      Delete
  43. Om, motor saya scorpio knalpot resing bobokan adem, karbu PE28 PJ 42 MJ sudah saya cobain dari 118 tarikan atas mbrebet kalo dipasangin filter udara, 115 tarikan atas masih mbrebet juga, 112 tarikan gak brebet tapi kadang2 ngemposh, 110 tarikan atas dapet kadang2 juga ngempos dan kalo saya lihat dari busi selalu basah kira2 apa ya om padahal sudah sesuai anjuran settingan karbunya tapi belum dapet setingan yg pas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas coba pj nya diturunkan mas pake 38 atau 40 nanti mj nya coba2 dgn ukuran mj yg udah mas miliki itu. Busi hitam itu krn pj kegedean sepertinya.

      Delete
    2. Om wawan sudah saya setting karbu pe28 nya dengan PJ 40 Mainjet 112, tarikan atas sudah oke untuk langsam dilanjut narik gas kadang awal tarikan ngempos tapi kalo mesin sudah panas gak ngempos, dilihat dari busi masih hitam om wawan, apa perlu PJ nya turunkan 1 step lagi menjadi PJ 38 mohon untuk bimbingannya om.

      Delete
  44. mas help me saya pake pe28 pj 35 mj 118,yg jadi pertanyaan smenjak pake knapot tiger revo byson saya agak boros terus cek busi hitam pekat dan sdikit ngbul .sbelum y pake knalpot ori byson bobokan warna busi merah bata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya ketika pake knalpot tiger revo jd kering businya krn lbh los, brarti bagusan pake knalpot byson mas. Krn kalo pake revo harus trun pj mj. Bisa jadi knalpot tiger revonya ada katalisator dalemnya. Jdnya pembuangan kurang lancar.

      Delete
  45. Mas wawan,motor sya klx 150 mesin os 200 knalpot racing.pake pe 28 pj40 kok start awal susah bgt nyala.nyala bentar klo di gas mati.knp ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dgn pj 40 settingan udara dpt berapa putaran mas? Buat nentuin ukuran pj sdh pas apa belum deteksi dari setelan udara pas dibuka dari kondisi tertutup mesin teriak diberapa putaran membuka, jika kuran dari 1 putaran mesin sdh teriak dan cenderung rata brarti pj kekecilan mas. Kalo diatas 1,5 putaran baru mesin teriak brarti kegedean pj nya. Selain setel angin, coba pj pake 42 mas. Krn gejala mesin sulit hidupnkrn pj kecil/pasokan bensin terlalu sedikit ketika dihidupkan.

      Delete
    2. Makasih mas wawan skrg stater gampang n langsam halus stlah sya turunin klip pling boros,PR nya naikin pj sama mj lg.hdeh boros pj mj nih.hehe

      Delete
    3. Yg naik cm pj aja mas, kalo settingan karbu pas, walopun pj besar justru irit. Krn kalo settingan pas kan kita ngegas motor dikit aja sudah kenceng larinya.

      Delete
    4. Kalo jarum itu berfungsi di 1/4 bukaan gas keatas mas. Kalo pj berfungsi di posisi langsam sampai 1/4 bukaan gas.

      Delete
    5. Solusinya naikin pj aja 1 step gitu ya mas?
      Trus jarum dibalikin ketengah apa gmn mas? Setelan jarum yg skrg udah enak.tp emang pas di bleyer2 kluar asap hitam dr knalpot.gmn baiknya mas

      Delete
    6. Kemaren saya nanya dgn pj ukuran 40 setelan udara dpt berapa? Kalo misal dptnya diantara 1 samapi 1,5 brarti pj 40 itu sdh pas mas, kalo dibawah dari 1 putaran brarti pj 40 itu kekecilan. Harus naik jd 42. Kalo sdh dicek setelan udaranya, baru nail PJ jd 42 mas.kalo Saya milih naik pj jarum ditengah.

      Delete
    7. Setelan udaranya dpet di 1¼ mas.lebih dri situ lempeng aja tpi turun dkit rpmnya.dan klip jarum pling boros,dah pas apa msih blm.mas

      Delete
    8. Cwk warna busi, jika merah bata atau coklat udah pas.jika putih kering, hitam basah

      Delete
  46. Mas motor saya fu pake pe28, setelah jarum skep patah, sekarang motor jadi gak bisa langsam. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg masalah brarti jarum skepnya mas. Kan udah patah, jd kinerja karbu jd gak maksimal

      Delete
    2. Jarum skepnya sudah di ganti, tapi tetap aja mas, padahal ukuran jarum skepnya sama dengan yang patah kemarin. Sekarang malah susah nyala, dan kalau nyala motor jdi basah ga bisa kering.

      Delete
    3. Pj mj yg terpaaang ukuran berapa, trus pake kanlpot racing apa standard mas, mohon info lengkap. Jarum sket pengganti itus sama persia dilihat secara kasat mata apa diukur mas pake sigmat. Trus kondisi sebwljm jarum patah apa hasil lembakaran sama ama skrg apa beda.

      Delete
  47. Motor saya klx karbu pe 28 atsnya enak bawahnya brebet knalpot ahrs f4 . Mohon pencerahannya bro wawan cara ngatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motornya pa, pj mj yg te4pasang ukuran berapa aja?

      Delete
    2. Motor saya kawasaki klx mas . Atasnya enak baeah nya brebet trus kalau pasang saringan tenaganya kurang
      Gak tau mas ukuran apa pas saya beli karbu langsung pasang aj

      Delete
  48. Saya baru pasang di cs 1
    Mj pj masih bawaan karbu
    Udah dipasang. Tapi pas di tes dibawa jalan rpm 4000 keatas berat bngt
    Knapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasang karbu pe 28 di cs 1 maksudnya ya mas? Kalo cs 1 coba pj 38 dan mj 100, 105, 108, 110. Mmg utk mencari settingan yg pas hrs berdasarkan coba2 mas berbagai ukuran pj mj.

      Delete
  49. Mas, saya mau tanya saya pake thunder 125 mesin os 100 knalpot racing, kok setelannya ngga langsam trus bahan bakar lumayan boros, mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pj mj yg terpasang sekarang ukuran berapa ya mas? Trus open filter apa pake box filter. Coba dulu pj ukuran 38 dan mj 105, 108, 110.

      Delete
    2. Masih pake bawaan karbu pe28 nya gan trus ane masih pake filter

      Delete
  50. Ngikut tanya ke suhu, motor saya megapro primus 232cc (stroke 70 bore 65) klep in 33 klep out 28 karbu pe 31 (reamer full skep) knalpot masih standart megapro primus, mau ubah tp takut operasi knalpot polisi...mohon petunjuk suhu utk pilot jet & main jet yg sesuai jg solusi knalpot yg sesuai & aman. Tanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya msh belajar jgn dipanggil suhu, nama aja biar asik bro. Leher knalpot aja pake yg lbh besar dari standar mas, trus dgn spek mesin segitu butuh coba2 berbagai ukuran pj mj. Kalo skrg yg terpasang ukuran berapa bro. Nyari setting pj dulu mas, baru lanjut ke mj. Ukuran pj yg pas dpt settingannya 1 sampai 1,5 putaran membuka dari kondisi tertutup sambil gas ditahan.

      Delete
    2. Lalu gmn mas Wawan utk awali pj nya dgn spek mesin tsb?.

      Delete
    3. coba 48 atau 50 trus mj 130 mas

      Delete
  51. Mas wawan mesin saya cb125 pake karbu keihin, karbunya pe28, enaknya pake pj sama mj berapa y? Motor masih dalam tahap pengerjaan..makasih mas wawan info nya

    ReplyDelete
  52. mas wawan apa kabarnya hehehe
    mas kenapa ya pake karbu pwk sudco 28 busi putih aja kramiknya,ulir sama atas melengkung businya item,
    saya pke pilot jet 38,main jet 115,soalnya klu pake minjet 118,ada ngoknya aja gak bisa di sekaligusin klu di gas..
    mihin pencerahananya mas heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motornyabapa mas, trus open filter atau apa pake box filter mas, knalpot standar apa racing mas, posisi klip jarum ada diposisi keberapa dari atas mas, coba ditengah mas. Sama mj 112,5 pj coba 40

      Delete
  53. Mas wawan motor saya dtreker 150 mesin standar knalpot free flow pe2 mj118 pj 38, tarikan bawah berat, tengah brebet dan atas brebet mau kanti mj susah nyarinya just info karbu saya uma racing vr28/pe28

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brebetnya sepwrti kekurngan bensin atau ngok kelwbihan bensin, coba jgn pake box filter dulu mas. Trus setelan angin dikoreksi lg

      Delete
    2. Krn knalpot freeflow coba pj 42 MJ 120 atau 122 mas

      Delete
    3. Utk nyari ukuran PJ yg pas, lwt setelan angin karbu mas, kalo dptnya 1 sampai 1,5 putaran brarti ukuran PJ udah pas. Trus mj deteksinya saat gas dibuka penuh. Saya belum pernah nyetting karbu UMA, tp cara nyari PJ MJ yg pas seperti itu mas caranya.

      Delete
  54. Om, mau nanya, motor sy satria fu, pake karbu pe28 pj40 mj120, knalpot standar pipa gede50mm, ko brebet knalpot suka nembak terkadang suka ngeluarin asap hitam di knalpot? Yg cocok pakai pj/mj ukuran brpa om? Bensin boros..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelan angin dpt berapa, tp kemungkinan selang pair yg diatas cilinder head tdk ditutu, trus jalur oli samping dibodi karrbu tdk ditutp jg. Coba cek semua dulu mas, krn ganti karbu trus open filter selang2 vakum ditutup sama kalo bs pake keran bensin, jgn pake keran vakum.

      Delete
    2. Mj kegedean mas,dgn silinserstandard coba mj 110 samapai 118, setelan udara jgn lebih dari 1,5 putaran. Itu kalo open filter

      Delete
    3. Lubang/selang PAIR nya udah ditutup belum mas, jalur vakum di intake manifold sdh disumbat apa belum mas, begitu jg jalur oli samping dibodi karbu apa sdh ditutup. Coba cek lg krn penyebab knalpot nembak ketika ganti karbu itu mas.

      Delete
  55. Om wawan klo saya pake jupiter mx new cw mesin bore up diameter piston 62 mm,, karbu pe 28 ,, seting karbu gmna ya ,, kok di putran bawah berat kya ngempos ilng tnganya gk narik .knalpot ori tapi di bobok jdi sperti knalpot racing,,,, mohon penjlsannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sdh bore up hrs nyoba2 berbagaibuuran pj m as, tp coba nyari mulai pj dulu, pj yg pas dpt settingannudaranya 1 samapai 1,5 putaran. Baru setelah itu settig mj. Knalpot pake std apa racing mas? Kalo racing pj minta gede bs 45 sampai 58 mas

      Delete
    2. Coba ukuran pj antara 38-42 trus mj 120-122

      Delete
    3. Boreup 62 jd berapa CC ya skarang mesinnya, coba pj 38-42 trus ml 115-122 mas. Ukuran PJ yg pas setelan udaranya dpt di 1 s/d 1,5 putaran membuka mas.

      Delete
  56. motor ane kn satria fu 170 udah di bore up knlpot bobokan gan karbu pe28 pj35 mj115 gan trus di jarum skepnya di naikin gan jadi irit no 2 gan tapi pass putaran atas di kecepatan 100 kee atas brebet gan filter ngak di cabut gan yng lain standar gan harus di ganti apanya yaa gan ?? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah 170 CC ukuran pj mj segitu kekecilan mas. Coba pj 42-50 mj 122-130. Hrs dicoba berbagai ukuran pj mj baru bs dpt mas krn mesin sdh modif berat. Biasanya minta pj mj beda2 mas.

      Delete
  57. Om mau tanya, motor sy new megapro pake karbu pe28 utk pj/mj sy lupa ukurannya,di rpm 2000 suka nyendat2, dan untuk ukuran pj/mj yg bagus ukuran brp? oiya jarum skep sdh sy ganti punya gl neotech dan pin jarum skep diposisi mana? knalpot masih standart py new megapro

    ReplyDelete
    Replies
    1. New mega pro berapa CC ya mas? Coba pj 38-42 mj 118-120

      Delete
  58. Mas wawan, supra 125x mesin standar pake pe 28 di putaran bawah kalo habis jalan trus berhenti 10 detik mati, trus kalo di putaran atas mbrebet, itu kenapa ya ? Apa perlu diubah pj mj nya dr bawaan karbu ? Nuhun mas wawan hehe

    ReplyDelete
  59. Om mau tanya mtr ane fu spek seher 67,5
    Stroke 57,8 carbu pe28 pj mj 45-128
    Pj masi minta naik sktr 48 nah mj ini 128 kebasahan aga ngambang atasnya tpi mau jln ane coba kecilin 125 terlalu kering om apa mj nya mau drojok aja tapi ga sebesar 128 ?

    ReplyDelete
  60. mas wawan mau nanya nih, motor saya ninja rr, karbu keihin pe28.. saya rasa tarikan bawah motor saya powernya tertahan, terkadang ketika awal masuk gigi 1 tarikan gas pertama terasa kosong tapi tiba2 menghentak di rpm 3000-4000an, lalu di rpm atas juga seperti tertahan, saya merasa top speed motor saya belum full namun powernya tertahan.. pj 45 mj 150
    pertanyaannya berapa ukuran pj dan pj yg tepat agar tenaga motor saya bisa loss keluar? terimakasih

    ReplyDelete
  61. Numpang nanya...klx 150..bore up seher 63mm.noken rasing.cdi rasing.magnet bubut.klep standar.karbu pake pe28.laring sih enak cmnsy mau open filter breber di 1/2 gas keatas...mj 115 pj38...klo psng bok ilang brebetnx gmn tu mas...

    ReplyDelete
  62. Mas wawan.mau nanya..
    Motor ane cs1..ane pake karbu pe28..mj 115 pj 43..tapi setelan anginnya lebih dri 1..knp mas

    ReplyDelete
  63. Setelah baca dari atas ke bawah lumayan dpt ilmu baru...

    Mas mohon bantuan nya,
    - Spek motor Scorpio 2005 (225cc)
    Knalpot tidak pakai silincer hanya leheran disambung besi pipa memanjang (free flow tanpa saringan)
    - filter udara pakai racing/variasi dengan model hanya filter kawat2 saja tanpa lapisan kertas/busa didalamnya.

    * Dengan spek tsb pakai PJ/MJ brp ya mas? Karbu PE yg sy punya kode ketrik belakang nya AWE04, jarum skep dari beli bisa diseting.

    Mohon bantuannya mas,,sangat bermanfaat
    Informasi nya untuk banyak mantappp

    ReplyDelete
  64. Hallo Mas Wawan mau tanya..motor sy cbr150old pake pe28, knalpot racing cocoknya pakai pj & mj brp yah? trims sebelumnya

    ReplyDelete
  65. gan motor saya satria 170 udah di bore up pj38 dan mj120 trus jarum skepnya di kasih no2 gan klo kasih no3 brebet gan knalpot recing gan yng lain masih standar gan ...pj dan mj yng pas ukuran berpa yaa gan

    ReplyDelete
  66. Mass .. motor saya satria fu 2008 full standar ..
    Cuman pipa knalpot ganti cacing diameter 50mm silencer tetap std ..
    Nah kemaren bru ganti karbu pe 28 (bekas mio) spuyer udh di gedein katanya .. trus lepas box filter udara di ganti sma yg variasi, Sama . Gas spontan .

    Nahh Ketika tahap pemasangan selesai . Di idupin bisa tpi ketika di gas eh mati ..
    Di settel udaranya cuman nemu ini>>> Di gas rpm naik ,, cuman ga mau turun, gas lgi rpm mulai turun cuman lambat ..

    Keburu malam bengkelnya dh tutup terpaksa pulang . Di pke seadanya, jarak -+1KM sampe rumah pass liat pipa knalpot ehh MERAH MEMBARA .

    Kira² ukuran PJ MJ nya brp mas ? Maap ceritanya kepanjangan hehe

    ReplyDelete
  67. Mas..mo tnya nih..mtor ane gl 100 pke seher tiger os 100..setelan 38/140..setelan angin 1,5..skep gl neotech klip k 2 dri bawah..mslah nya saat bejek spontan sperti telat bensin..gas lama trunny dri rpm atas..setting stantioner jg susah..it msalahny dmn y..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mj nya kegedean mas, coba 120 atau 122 mas. Pj coba pake 40 mas atau 42

      Delete
  68. Om mnta solusinya wat byson ane pake pe 28 pj 38 mj 110/112 alhasil setinganya ko berebet ya apalagi klo setingan angin di buka malah ngemposs...

    ReplyDelete
  69. Mas kalo cb100 mesin orsinil pake pe 28 mj sama pj nya berapa yahh yang pas.
    Kalo karbu bawaan cb 100 nya mj 94 pj 40

    ReplyDelete
  70. mas mau naya pj dan mj buat pe 28 yang pas buat fu standart yg pas ukuran berapa mas brooo?m??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knalpot standar apa racing mas. Kalo standar pj 38 - 40 mj 115-118

      Delete
    2. Knalpot standard apa racing mas, kalo standard pj 38-40 mj 110-115 kalo racing pj 42 mj 120 mas.

      Delete
  71. fu saya mesin standar knalpot standar mas berarti nyoba mjnya saja mas pj nya berarti gak ada masalah ya mas?

    ReplyDelete
  72. Siang mas, mohon pencerahannya, motor satria fu mesin std, knalpot std, nyoba pasang pe 28 ori jpn. Dicoba pake pj 38 mj 118 ori thailand. Filter posisi di open.
    Masalahnya:
    1. Susah nyala
    2. Bgtu bsa nyala, gak bs langsam.
    3. Klo angin diturunin jd 1/2 putaran, motor teriak di 5000rpm, padahal gas ditutup dan Kabel gas dah di buat ada space
    Langkah2 hrs gmn ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selang PAIR sama jalur oli samping dibodi karbu sudah disumbat apa belum mas? Pastikan sudah ditutup sama pake keran bensin manual baru setting karbu mas. Kalo gak RPM gak bs normal naik turun saat di gas

      Delete
  73. motor ane vega zr..karbu pe28 ..seher sonic..klep standart
    ..pj..mj..nya ukuran berapa yg pas??

    ReplyDelete
  74. Gan motor sy new megapro 2011, pke pe28 pj dan mj yg cocok uk brp dan jarum skep perlu di ganti ga? Satu lg koil nya ganti jgn yah... Thanks

    ReplyDelete
  75. Kalo udah bore up pj minimal 42 trus mj 120 keatas?

    ReplyDelete
  76. Klw buat kawasaki klx bore up berapa gan ....

    ReplyDelete
  77. Mas wawan mau tanya nihh. Saya mau pasang pe 28 di cb 100 enaknya pake mj/pj berapa ?. Mesin orisinil cdu rc 100
    Kalo karbu bawaan cb 100 nya mj/pj nya 40/98

    ReplyDelete
  78. Mas butuh masukan. Motor saya megapro standart cuma main di noken tiger,koil karisma,cdi shogun kebo.
    Pake pe 28 pj 38 mj nya 110.tp tarikan atas kayak kehabisan bensin

    ReplyDelete
  79. mas rx z sya pkk kaebu pe 28 reamer vnturi doank..spek msin korek harian..yg cocok pkk pj n mj apa..mksi

    ReplyDelete
  80. mas mohon pencerahan nya
    motor saya klx std ,setelah pakai knalpot resing B-pro, motor saat di geber akhir ada letusan ....
    saya coba ganti karbu PE 28 Rideit baru ,saya liat mj nya 142 pj 42 ,setelah terpasang gas spontan teriak tahan di rpm tinggi mati.
    saya coba ganti cdi brt dualband masih sama ... yang cocok pj - mj nya buat pe 28 rideit ,berapa ya ?... trimakasih ninggal jejak wa aja 083865556669
    trimakasih sudah mau berbagi ilmu .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang familiar dgn karbu ride it, tp sepertinya mj 140 kegedean utk mesin 150 CC 4 tak. Coba mj 115-120

      Delete
  81. Mas mau tanya motor saya megapro
    Pake pe 28, mj 122 pj 40 kondisi Busi hitam, klw pas gas diturunkan kenalpot tiket bobokan nembak - nembak mas
    Kenapa itu ya mas?
    Untuk ukuran mj / pj yang pas apa mas

    ReplyDelete
  82. Mas.Bro mohon pncerahanya motor saya Byson pake karbu PE28,smntara ini pake PJ 38- MJ 110,jarum skep punya GL, tp kadang klu di gas spontan pd putaran rendah-mnengah ngempos .ukuran yg pas PJ-MJ nya brp? Mksih

    ReplyDelete
  83. mas saya mau tanya motor saya rx special sudah os 100 carbu pake pe 28 blok udah di cuner tapi kenapa ya kaya masih nahan tenaganya kenalpot sudah belekan...

    ReplyDelete
  84. gan motor sya satria fu 170 udah di bore up klo di hupin klau udah pnas mati gitu main jet 38 plot jet 120 trus putaran atas lama naik harus di apain gan

    ReplyDelete
  85. mas mau tanya motor sy byson cdi brt,maniful pendek karbu pe 28...tp kok brebet y?awal pakek pj mj standart bawaan karbu enak trus stlh sy pekek filter variasi brebet ...enakny pakek pj mj brp ?

    ReplyDelete
  86. Mas ikutan mu nanya.. Baru pasang PE 28,di MX 2014 mesin standar knalpot racing pipa gede, lepas filter udara,CDI BRT.. Jarum skep gl pro ( klip no.2 dri bawah )Pake pj 38 mj 115 motor gak bisa lamsam dan susah hidup,stelan angin gak bisa lbih 1/2 putaran, klo lbih lps gas rpm lama turun nya..busi blum smpt ngecek.. Kira kira pj/mj nya pake ukran brapa mas..?
    Trimakasih.

    ReplyDelete
  87. Ikutan mau nanya mas.. Motor saya mx 2014 mesin stndr baru pasang PE 28, knalpot racing pipa gde,lepas filtr udara,CDI BRT dual band, jarum skep gl pro klip no.2 dri bawah, pj38 mj115 ko gk mau lamsm,susah hidup dan sedikit ngebul dirpm rendah klo dah dibwa jaln sih enak2 aja mas,mls nya klo ktmu lmpu merah dan jlnan macet harus nahn gas, Stelan angin gak bisa lbih 1/2 putaran,klo lbih lps gas rpm lama turu dan klo 1 putaran lbih tarik gas gak mau ( kosong ) busi blum smpt ngecek mas.. Kira2 pj/mj ukuran brapa dan jarum skep di klip brapa ya mas..?

    ReplyDelete
  88. Mohon pencerahan om wawan, motor saya Byson pake PE28 , ukran PJ/MJ 38/110,jarum skep GL PRO stik Ke-2 dr bawah, knalpot TIREV. Pertama awal mau jalan harus tggu mesin panas dulu., karena klu langsung gas ngempos dari putaran mesin bawah sampek mnengah,. Ukuran PJ/MJ yg pas brp ya? Mksh

    ReplyDelete
  89. Komennya udah penuh, saya gak bs buka juga ga bisa jawab. Nanyanya dipostingan dgn judul yg beda sama ini kalo bs, biar saya bs buka pertanyaannya dan jawab.

    ReplyDelete
  90. pagi mas wawan,motor saya byson standart,sy mau pake PE28 untuk pj dan mj yg bagus pake ukuran berapa ya,trus untuk settingan hari hari brp putaran ya

    ReplyDelete
  91. Bang wawan
    Mohon saranya, motor saya satria fu 2012 , karbu pe 28,cdi brt powermax, knalpot r9 mugello,
    Supaya enak perlu ubahan apa di karbu pe 28 nya

    ReplyDelete
  92. Mohon soluai bang..
    saya satria fu. Knalpot DBS karbu PE28 filter udara racing. Pair d tutup.
    Kalo RPM -+3000 s/d 4000 d pendakian tiba-tiba ngook atau hilang tenaga. Tp kalo jalannya bagus walaupun pendakian asal gebut gadak masalah.. Kalo jalan santai d pndakin yg kurang bagus jalannya disitu tenaganya anjlok..
    Mohon penjelasannya bang..

    ReplyDelete
  93. Mas saya mau tanya ,motor saya megapro knalpot racing pake karbu pe 28 ,untuk ukuran PJ sma MJ yg pas brpa yya ???Biar gak keborosan ...

    ReplyDelete
  94. Salam kenal mas..mau tanya seting yg pas krn blm dapet. Ymh byson bore up 66,5 =200 cc.cdi brt dual band.busi iridium.knalpot free flow.carbu pe 28. PJ#45 MJ#115. RPM 10RB nahan.tdk bsa rpm 12rb..bbm pakai pertamax turbo..mohon pencerahan setingan carbunya..trims

    ReplyDelete